Cara Menampilkan Kecepatan Refresh Layar di Android

Cara Menampilkan Kecepatan Refresh Layar di Android

Cara Menampilkan Kecepatan Refresh Layar di Android – Pastinya jika Anda sudah memutuskan untuk membeli sebuah ponsel, salah satu spesifikasi yang ada di benak Anda adalah refresh rate-nya. Sebelumnya, angka ini hanya bervariasi di ponsel kelas atas. Namun, kini banyak pabrikan yang memasarkan perangkat dengan frekuensi lebih tinggi dari 60 Hz, bahkan di kelas menengah. Ingin mengetahui tingkat penyegaran yang dimiliki panel ponsel Anda?

Cara Menampilkan Kecepatan Refresh Layar di Android

Tetaplah bersama kami. Disini kami tunjukkan trik yang sangat sederhana agar indikator refresh rate Android muncul di layar. Dengan cara ini Anda akan dapat mengetahui setiap saat, saat Anda menggunakan telepon, seberapa cepat gambar yang muncul di panel diperbarui. Di sisi lain, kami juga berbicara tentang alasan mengaktifkan indikator ini dan mengapa Anda tertarik untuk mengetahuinya.

Berapa kecepatan refresh di Android?

Mari kita mulai dengan yang paling dasar. Mari kita bicara tentang apa itu kecepatan refresh di Android. Spesifikasi ini, yang, seperti yang telah kami komentari, telah mendapatkan beberapa relevansi belakangan ini. Ini adalah nilai yang dinyatakan dalam hertz (Hz) yang mengacu pada kecepatan penyegaran layar.

Panel ponsel sebenarnya mati dan hidup terus-menerus. Berkat sistem ini, mata manusia mampu melihat pergerakan elemen dan animasi sistem di layar. Panel yang disegarkan pada 60 Hz mati dan hidup 60 kali per detik. Saat memproyeksikan gambar diam, nilai ini tidak terlalu penting. Namun, jika elemen pada panel bergerak, mungkin karena animasi sistem atau karena game telah dibuka, kecepatan penyegaran panel memiliki pengaruh yang signifikan.

Dan apa hasilnya? Kecepatan refresh standar adalah 60 Hz, yang dibawa sebagian besar terminal. Ketika dasbor sering diperbarui, ini menampilkan konten lebih dari benar. Namun, memiliki kecepatan refresh yang lebih tinggi, misalnya 90 Hz atau 120 Hz, memberikan sensasi fluiditas yang superior. Ini sangat diperlukan jika Anda akan menggunakan perangkat untuk bermain game, terutama jika Anda akan melakukannya dengan judul yang berisi banyak aksi.

Apa gunanya melihat kecepatan refresh di Android?

Melihat kecepatan refresh ponsel Android Anda secara real time akan berguna dalam tiga situasi tertentu:

  • Kecepatan refresh adaptif. Jika perangkat Anda memiliki sistem adaptif untuk memperbarui konten panel, mengetahui nilai ini akan memungkinkan Anda mengetahui kapan disegarkan pada 60 Hz dan kapan disegarkan dengan nilai yang lebih tinggi.
  • Ketahui kecepatan refresh ponsel Anda. Jika Anda tidak yakin berapa tingkat pembaruan panel, menyalakan indikator akan memungkinkan Anda mengungkapkan data ini.
  • Pastikan kecepatan penyegaran sama di semua aplikasi. Saat meminta perangkat kami untuk melaporkan kecepatan penyegaran secara real time, kami menemukan bahwa di beberapa aplikasi itu tidak tetap pada 120 Hz. Misalnya, sekarang kami tahu bahwa dengan aplikasi kamera, kecepatannya turun menjadi 60 Hz. Aplikasi lain mungkin paksa laju penyegaran untuk turun dan ini adalah salah satu cara untuk menaikkannya.

Jika Anda sudah mengetahui nilai ini dan ponsel Anda tidak memiliki kecepatan penyegaran panel adaptif, mengikuti langkah-langkah di bawah ini tidak akan banyak membantu Anda. Mengapa? Karena Anda akan selalu melihat nomor yang sama di layar. Sekarang, jika Anda suka melihat-lihat dan mencari tahu lebih banyak tentang fitur tersembunyi Android, teruslah membaca.

Bagaimana cara mengaktifkan indikator kecepatan refresh di Android?

Android menawarkan kemungkinan mengaktifkan indikator yang memberi tahu Anda tentang kecepatan refresh panel secara real time. Ini tersedia di opsi pengembang. Jika Anda belum pernah mengunjunginya, Anda mungkin harus mengaktifkannya. Bagaimana cara melakukannya?

Inilah cara Anda mengaktifkan opsi pengembang di Android:

  • Buka bagian Informasi Perangkat di pengaturan telepon. Terkadang ditampilkan dengan nama lain. Misalnya, di MIUI tentang telepon.
  • Ketuk berulang kali pada nomor build. Sekali lagi, mungkin ada variasi. Pada Xiaomi Anda harus berulang kali mengetuk bidang Versi MIUI.
  • Di bagian bawah layar Anda akan melihat pesan yang menunjukkan bahwa Anda beberapa langkah lagi untuk menjadi pengembang.
  • Tap terus hingga muncul pesan konfirmasi.

Sekarang setelah opsi pengembang diaktifkan, buka Opsi Tambahan atau Sistem, tergantung pada lapisan penyesuaian yang dimiliki ponsel Anda dan ketuk Opsi Pengembang. Jika Anda tidak dapat menemukan bagian ini, gunakan mesin pencari pengaturan yang akan Anda lihat di bagian atas daftar preferensi. Kemudian ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke Opsi Pengembang.
  • Temukan parameter Show Refresh Rate.
  • Ketuk penggeser untuk mengaktifkannya.
  • Di pojok kiri atas layar, akan muncul indikator yang menunjukkan kecepatan refresh secara real time.

Jika perangkat Anda memiliki kecepatan penyegaran variabel, nilainya akan bertambah atau berkurang saat Anda menelusuri menu. Ingatlah bahwa semakin tinggi kecepatan refresh, semakin banyak baterai yang akan dikonsumsi panel.

Dan Anda, konfigurasi apa yang Anda gunakan dalam pengertian ini? Apakah menurut Anda layak memiliki panel dengan kecepatan refresh tinggi di Android? Tinggalkan pendapat Anda di bagian komentar.

Glesen is a person who has a hobby of creating content and a blog writer. As a publisher, I review a lot about Android technology information, games, social media and other information.

You May Also Like