Cara Mengetahui Aplikasi Yang Menggunakan Baterai Android

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Menggunakan Baterai Android

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Menggunakan Baterai Android – Jika Anda ingin mengetahui aplikasi mana yang menguras baterai Android Anda, kami akan menjelaskannya kepada Anda di artikel ini. Pengguna biasanya memiliki banyak aplikasi yang diunduh di mana sebagian besar mungkin menghabiskan terlalu banyak baterai, dan yang terburuk, kami tidak menyadarinya.

Ada aplikasi seluler yang menghabiskan banyak baterai, ini bisa menjadi masalah yang terus-menerus, terutama jika ini adalah ponsel entry-level, di mana kapasitas baterai biasanya lebih kecil dan prosesor yang kurang efisien sehingga kurang mampu menjalankan semuanya sepanjang hari.

Penting untuk disebutkan bahwa ada beberapa aplikasi yang terpasang di ponsel yang bekerja terus-menerus di latar belakang, karena selalu terbuka, mereka terus bekerja tanpa kita sadari. Hal inilah yang membuat baterai ponsel cepat terkuras, terutama untuk aplikasi streaming.

Baterai cepat habis, kenapa?

Ada beberapa alasan mengapa beberapa aplikasi menghabiskan baterai Anda lebih cepat daripada yang lain, dan yang pertama adalah karena Anda mungkin menggunakannya terlalu lama. Aplikasi seperti YouTube atau TikTok yang berbentuk video, jika digunakan dalam waktu yang lama, biasanya memakan baterai lebih banyak dari biasanya.

Mengambil banyak foto dan merekam video dengan kamera ponsel adalah alasan lain yang menguras baterai ponsel dalam beberapa jam. Demikian pula, bermain game seluler dengan grafis yang menuntut juga merupakan penyebab cepat menipisnya persentase baterai, karena mendorong kapasitas ponsel hingga batasnya.

Sebagian besar aplikasi sering mengumpulkan informasi, menampilkan notifikasi, mengumpulkan data di latar belakang, dan banyak lagi, ini pasti akan mengurangi masa pakai baterai dalam waktu singkat. Di sisi lain, layanan lokasi, seperti GPS, juga merupakan konsumen baterai terbesar, karena harus aktif dalam kasus-kasus tertentu.

Cara Mengetahui Aplikasi Yang Menggunakan Baterai Android

Periksa aplikasi yang menguras baterai ponsel

Ada beberapa trik untuk meningkatkan baterai, tetapi mengetahui aplikasi mana yang menghabiskan baterai Anda dengan cepat semudah membuka pengaturan sistem Android dan mengikuti beberapa langkah. Dengan cara ini kita akan tahu persis aplikasi mana yang membuat kita lebih sering menghubungkan ponsel ke stopkontak.

Jika Anda terus-menerus menggunakan aplikasi yang meminta akses ke GPS, memerlukan layanan berbagi tumpangan, menampilkan terlalu banyak notifikasi, atau apa pun yang memerlukan lokasi, kemungkinan semua fitur di atas menguras baterai Anda lebih cepat dari biasanya.

Dari Pengaturan

  • Di ponsel Android, tarik ke bawah bilah notifikasi dan klik ikon roda gigi untuk mengakses Pengaturan.
  • Di dalam konfigurasi sistem kita harus mencari dan memilih opsi Baterai.
  • Begitu masuk, Anda harus mengklik Penggunaan baterai.
  • Sekarang, Anda akan dapat melihat daftar aplikasi yang terinstal di ponsel, serta persentase baterai yang dikonsumsi selama 24 jam terakhir. Dalam kasus saya, seperti yang ditunjukkan tangkapan layar, Chrome adalah aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai, diikuti oleh Fitbit dan TikTok.

Aplikasi yang menguras baterai dengan cepat

Selanjutnya, kami membagikan beberapa aplikasi paling umum yang menghabiskan baterai di ponsel. Sebagian besar cenderung berupa jejaring sosial, tetapi ada juga aplikasi perpesanan instan, yang membutuhkan sumber daya sistem paling banyak karena bekerja di latar belakang.

Perlu dicatat bahwa ada banyak aplikasi Android yang menyebabkan baterai cepat habis, tetapi sayangnya, banyak di antaranya cukup berguna, karena mereka digunakan setiap hari dan harus diinstal ya atau ya pada telepon, tapi ada yang lain yang tidak kita perlukan.

Sayangnya, aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai adalah yang kami gunakan setiap hari, jadi jika Anda perlu memilikinya di Android, tidak ada cara untuk menghindari konsumsi baterai yang berlebihan, tetapi Anda dapat meminimalkan fungsinya dengan menonaktifkan notifikasi atau akses ke GPS .

Fitbit

Fitbit adalah aplikasi yang menghabiskan banyak baterai, karena harus bekerja di latar belakang setiap saat, menghabiskan banyak sumber daya, dan tidak heran. Aplikasi harus terus berjalan karena merekam aktivitas fisik pengguna dan pada saat yang sama menyinkronkan data dengan jam tangan.

Ini adalah aplikasi yang paling boros baterai di ponsel Android, dan itu karena jam tangan pintar dan gelang seperti Fitbit Versa 4 atau Fitbit Sense 2 mengandalkan aplikasi untuk menyinkronkan semua data pelacakan pengguna, semuanya di latar belakang.

Glesen is a person who has a hobby of creating content and a blog writer. As a publisher, I review a lot about Android technology information, games, social media and other information.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *